REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Faktor Budaya, Sosial dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan yang dimediasi oleh Faktor Psikologis di Pasar Gelugur Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara

MEGAWATI MORA PUTRI (2025)

penelitian-analisis-faktor-budaya-sosial-dan-pribadi-terhadap-keputusan-pembelian-minyak-goreng-kemasan-yang-dimediasi-oleh-faktorpsikologis-di-pasar-gelugur-rantau-prapat-kabupaten-labuhan-batusumaterautara

Analisis Faktor Budaya, Sosial dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan yang dimediasi oleh Faktor Psikologis di Pasar Gelugur Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara

Analisis Faktor Budaya, Sosial dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan yang dimediasi oleh Faktor Psikologis di Pasar Gelugur Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara, Keputusan Pembelian, Psikologis Konsumen, Faktor Sosial...

Author: MEGAWATI MORA PUTRI
Date: 2025
Keywords: Keputusan Pembelian, Psikologis Konsumen, Faktor Sosial
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan yang dimediasi oleh psikologis konsumen. Berdasarkan identifikasi masalah, ditemukan beberapa isu kritis, seperti kurangnya pengaruh budaya, keadaan sosial seperti kemampuan ekonomi memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian, iklan produk minyak goreng kemasan minyakita yang kurang menarik perhatian konsumen. Penelitian ini tidak membatasi usia pembeli yang berumur 20 tahun keatas. Sampel diambil menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah 120 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Smart Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, yaitu budaya, sosial dan pribadi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan psikologis konsumen. Hipotesis dengan nilai tertinggi adalah pengaruh psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sample (O) sebesar 0,663 dan T-Statistic sebesar 6,382. Sebaliknya, hipotesis dengan nilai terendah adalah pengaruh budaya terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sample (O) sebesar -0,211 dan TStatistic sebesar 1,769 sehingga hipotesis ini tidak diterima. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan sebagai warga negara Indonesia untuk menggunakan produk dalam negeri seperti minyak goreng kemasan minyakita dalam pemebuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Saran bagi perusahaan pemilik minyak goreng kemasan minyakita adalah perusahaan diharapkan bisa memberikan inovasi lebih baik lagi dengan memberikan informasi kandungan dalam minyak dan kelebihannya melalui iklan yang menarik seperti ditelevisi maupun di media sosial.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB