
DETERMINAN KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DESA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GOOD GOVERNANCE (STUDI KASUS KECAMATAN LUBUK BARUMUN)
DETERMINAN KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DESA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP GOOD GOVERNANCE (STUDI KASUS KECAMATAN LUBUK BARUMUN), Kompetensi Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern, Komitmen Organisasi, Kualitas Pelaporan Keuangan, Good Governance...
Author: NUR HILMA HANANI HRP
Date: 2025
Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern, Komitmen Organisasi, Kualitas Pelaporan Keuangan, Good Governance
Type: Skripsi
Category: penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan dan bagaimana hal ini berdampak pada kualitas pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Lubuk Barumun. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan asosiatif. Penelitian ini melibatkan semua desa yang termasuk dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Lubuk Barumun. Aparatur desa yang dipilih secara acak dari beberapa desa di Kecamatan Lubuk Barumun digunakan sebagai responden. Kualitas sumber daya manusia, kualitas teknologi dan informasi, sistem pengendalian intern, dan komitmen organisasi terdiri dari variabel independen dalam penelitian ini, serta variabel intervensi dalam kualitas pelaporan keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif, yaitu analisis equation struktural (SEM) berbasis variance (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi sumber daya manusia, teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan kualitas pelaporan keuangan terhadap goog govenance. Selain itu kualitas pelaporan keuangan dapat memediasi pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan teknologi infomasi terhadap good governance. Kemudian pengembangan sistem informasi sebagai suatu sistem informasi yang dikelola oleh Pemerintah Desa harus selaras dengan perkembangan sarana dan kapasitas pemerintah desa, dan dipergunakan desa untuk perencanaan desa, melaksanakan akuntabilitas, transparansi dan menyeleng-garakan pelayanan publik.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB