REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP CALON PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE

NIA MARDIAH (2024)

penelitian-analisis-sentimen-masyarakat-indonesia-terhadap-calon-presiden-2024-pada-media-sosial-menggunakan-nave-bayes-classifier-dan-support-vector-machine

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP CALON PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP CALON PRESIDEN 2024 PADA MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE, Analisis Sentimen; Naïve Bayes Classifier...

Author: NIA MARDIAH
Date: 2024
Keywords: Analisis Sentimen; Naïve Bayes Classifier
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat Indonesia terhadap Calon Presiden 2024 di platform media sosial X dan Instagram. Masalah utama yang dibahas adalah bagaimana menentukan opini publik yang disebarkan di media sosial mengenai para calon presiden. Untuk mengatasi masalah ini, digunakan dua metode klasifikasi: Naïve Bayes Classifier dan Support Vector Machine (SVM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sentimen publik, baik positif maupun negatif, terhadap Calon Presiden 2024 dengan menggunakan kedua metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Naïve Bayes dengan pelabelan manual mencapai akurasi tertinggi sebesar 86% untuk data X dan 85% untuk data komentar Instagram. Sementara itu, dengan pelabelan Lexicon Based, akurasi tertinggi yang dicapai adalah 60% untuk data X dan Instagram. Metode SVM dengan pelabelan manual juga mencapai akurasi tertinggi sebesar 86% untuk data X dan 85% untuk data Instagram. Dengan pelabelan Lexicon Based, akurasi tertinggi yang dicapai adalah 60% untuk data X dan 70% untuk data Instagram. Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik Naïve Bayes maupun SVM menunjukkan kinerja yang kuat dalam analisis sentimen di media sosial, dengan SVM sedikit lebih unggul dalam beberapa skenario. Penerapan kedua metode ini memberikan wawasan berharga tentang opini publik terhadap Calon Presiden 2024 di media sosial.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB