REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

implementasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTS Al-arafah Klambir Lima

DEDI MUCHTAR TANJUNG (2025)

penelitian-implementasi-nilainilai-karakter-dalam-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-akidah-akhlak-di-kelas-viii-mts-alarafah-klambir-lima

implementasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTS Al-arafah Klambir Lima

implementasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTS Al-arafah Klambir Lima, Nilai-nilai Karakter, Prestasi Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak...

Author: DEDI MUCHTAR TANJUNG
Date: 2025
Keywords: Nilai-nilai Karakter, Prestasi Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al-Arafah Klambir Lima 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MTs Al- Arafah Klambir Lima, Guru Akidah Akhlak dan siswa-siswi Kelas VIII Al-Arafah Klambir Lima. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Al-Arafah Klambir Lima yaitu, sebagai berikut: karakter religius (berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca ayat-ayat pendek, membaca Al-Quran dan, melaksanakan shalat dhuha berjamah). Karakter Jujur (tidak menyontek dan, berkata jujur). Karakter Disiplin (masuk kelas tepat waktu, menaati peraturan, tidak bolos sekolah). Karakter Peduli Sosial (menjenguk teman yang sedang sakit, meminjami teman peralatan sekolah dan, membantu teman yang sedang kesusahan). Implementasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII, dilaksanakan dengan tahap rencana pembelajaran seperti RPP, adapun tahapan penerapan, penilaian dan evaluasi. Prestasi belajar siswa memiliki hubungan dan kaitannya dengan nilai-nilai karakter yang ditanamkan penilaian tersebut berupa penilaian sikap siswa dimana poin-poin tertentu akan dinilai secara khusus oleh guru akidah akhlak. Selain itu terdapat faktor pendukung: adanya saling kerja sama antara sekolah, guru dengan siswa, serta profesional guru akidah akhlak, faktor penghambat yaitu: Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti kurangnya motivasi belajar siswa, kurang kepercayaan diri siswa dan faktor eksternal nya meliputi lingkungan keluarga serta pergaulan siswa

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB