REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

ANALISIS PENGARUH CAR, BOPO, NIM, NPL DAN LDR TERHADAP RETURN ON ASSET PERBANKAN (STUDI KASUS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019)

RIAN HARRIS NASUTION (2021)

penelitian-analisis-pengaruh-car-bopo-nim-npl-dan-ldr-terhadap-return-on-asset-perbankan-studi-kasus-bank-umum-yang-terdaftar-di-bursa-efek-indonesia-periode-20152019

ANALISIS PENGARUH CAR, BOPO, NIM, NPL DAN LDR TERHADAP RETURN ON ASSET PERBANKAN (STUDI KASUS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019)

ANALISIS PENGARUH CAR, BOPO, NIM, NPL DAN LDR TERHADAP RETURN ON ASSET PERBANKAN (STUDI KASUS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019), analisis regresi data panel, CAR, BOPO, NIM, NPL, LDR, ROA...

Author: RIAN HARRIS NASUTION
Date: 2021
Keywords: analisis regresi data panel, CAR, BOPO, NIM, NPL, LDR, ROA
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap profitabilitas bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 bank yang diambil dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F), didapat hasil bahwa CAR, BOPO, NIM, NPL dan LDR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikasi 0,00000. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (uji ???? ? ), didapat hasil 0,9666. Hasil ini menunjukan bahwa pengaruh variabel independent yakni CAR, BOPO, NIM, NPL dan LDR terhadap variabel dependen (ROA), sebesar 96,66%, sedangkan sisanya sebesar 3,34% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) didapat hasil bahwa CAR, NPL dan LDR berpengaruh negatif namun tidak signifikan, BOPO berpengaruh negatif dan signifikan dan NIM berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB