Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Relevansinya terhadap Peningkatan Literasi Ilmiah dan Keagamaan
Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Relevansinya terhadap Peningkatan Literasi Ilmiah dan Keagamaan, Project Based Learning, Nilai Keislaman., Literasi Sains...
Author: NIA RAHAYU SANJAYA
Date: 2025
Keywords: Project Based Learning, Nilai Keislaman., Literasi Sains
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam mengintegrasikan literasi sains dan keagamaan di sekola menengah kejuruan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi model Project-Based Learning (PBL) berbasis nilai-nilai Islam untuk meningkatkan literasi sains dan keagamaan di SMK Swasta Al Karomah Berastagi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dilakukan secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan presentasi, dengan integrasi nilai-nilai Islam di setiap tahap. Implementasi ini meningkatkan penguasaan konsep ilmiah, keterampilan berpikir kritis, dan penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari siswa. Literasi keagamaan siswa juga berkembang melalui pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan dengan sains, serta internalisasi nilai spiritual dan praktik religius. Peran guru, dukungan sekolah, dan keterlibatan lingkungan sosial menjadi faktor penting dalam keberhasilan model ini. Meskipun terdapat kendala, strategi kolaborasi lintas mata pelajaran dapat menjadi solusi efektif. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa PBL berbasis nilai-nilai Islam dapat menjadi model efektif untuk mengintegrasikan literasi sains dan keagamaan serta mendorong pembelajaran holistik di sekolah.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB