Implementasi Metode Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nuha Tahun Ajaran 2020/2021
Implementasi Metode Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Nuha Tahun Ajaran 2020/2021, Implementasi, Metode Pendekatan Kognitif, Pembelajaran PAI...
Author: KUSMILIA SUNDARI
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Metode Pendekatan Kognitif, Pembelajaran PAI
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Ulun Nuha Medan Johor. 2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Ulun Nuha Medan Johor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah SMP Ulun Nuhan Medan Johor, guru PAI dan siswa-siswi SMP Ulun Nuhan Medan Johor. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Ulun Nuha Medan Johor berjalan dengan baik, pendekatan kognitif memberikan keluasan berpikir kepada siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengeksplor pengetahuan yang ingin diketahuinya, membuka dan memperluas pemikiran siswa dan pemahaman siswa. Memfokuskan cara berpikir siswa sehingga siswa mampu menyerap materi pelajaran yang telah diberikan guru PAI dengan baik. Proses pembelajaran yang berlangsung dilakukan dengan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dimana proses pembelajaran berlangsung secara struktur dan sistematis. Dari pendekatan kognitif siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung, pendekatan kognitif menjadi salah satu metode belajar yang mudah diterapkan pendekatan ini dapat menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan interaktif. Adapun a) Faktor Pendukung yaitu: perkembangan moral siswa, dan lingkungan sekolah siswa yang memadai dan sangat baik sehingga memberikan efek terhadap belajar siswa, perkembangan moral, karakter dan mental siswa. b) Faktor Penghambat yaitu: Masih kurangnya minat siswa dalam belajar dan media pembelajaran yang masih kurang memadai.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB