REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KUALA

M.FAHRUR HIDAYAT (2024)

penelitian-implementasi-metode-resitasi-pada-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam-di-smp-negeri-1-kuala

IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KUALA

IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KUALA, Implementasi, Metode Resitasi, Pembelajaran PAI...

Author: M.FAHRUR HIDAYAT
Date: 2024
Keywords: Implementasi, Metode Resitasi, Pembelajaran PAI
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan mendeskrispsikan (1) implementasi metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kuala Kab Langkat (2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kuala Kab Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kuala Kab Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk deskriptif, bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan. Tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yaitu metode kualitatif. Adapun hasil penelitiannya ialah, dalam implementasi metode resitasi mempunyai langkah-langkah dalam pelaksanaanya, yaitu sebagai berikut, implementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kuala Kab Langkat melalui 2 tahapan. Pertama, kegiatan awal, yaitu guru membuat dan menyiapkan RPP, kedua, kegiatan inti, yaitu terdiri dari penjelasan materi, guru menjelaskan materi yang di sampaikan atau kegiatan belajar mengajar, selanjutnya guru menilai hasil dan memberikan evaluasi. Tahapan akhir, guru menjelaskan kembali kepada siswa dan memberikan kesimpulanya. Adapun kelebihan dan kelemahan dalam implementasi metode resitasi di SMP Negeri 1 Kuala. Kelebihannya ialah dapat membuat siswa aktif belajar, tugas lebih merangsang siswa untuk lebih banyak, baik waktu dikelas maupun diluar kelas atau dengan lain, metode ini dapat mengembangkan kreativitas siswa, bisa saling bertukar pikiran atau pendapat dengan temanya. Kelemahan metode ini guru terkadang sulit mengontrol siswa yang sedang bertugas terkhusus tugas yang kelompok, siswa masih banyak yang mengandalkan temannya ketika mengerjakan tugas tersebut.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB