Dampak Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua Terhadap Keputusan Memilih Universitas Yang Dipengaruhi Oleh Promosi Sebagai VAriabel Mediasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang
Dampak Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua Terhadap Keputusan Memilih Universitas Yang Dipengaruhi Oleh Promosi Sebagai VAriabel Mediasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang, Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua, Orientasi Orang Tua...
Author: Raden Ajeng Azizah Novita
Date: 2024
Keywords: Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua, Orientasi Orang Tua
Type: Thesis
Category: penelitian
Penelitian ini mengkaji pengaruh Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua terhadap promosi dan keputusan memilih universitas di Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang. Dalam konteks persaingan ketat antar-perguruan tinggi, reputasi sekolah menjadi krusial dalam menarik minat calon mahasiswa. Orang tua mahasiswa diidentifikasi sebagai pemangku kepentingan utama yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap reputasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua memengaruhi promosi dan keputusan memilih universitas. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa mudah mendapatkan informasi tentang dosen dan bahwa perguruan tinggi memiliki pendekatan inovatif pada pembelajaran. Tetapi , masih ada persepsi kurang terhadap pembelajaran inovatif dan informasi yang kurang memadai melalui situs web perguruan tinggi. Melalui analisis data menggunakan metode path analysis SEM-PLS dengan jumlah sampel 227 orang, penelitian ini menunjukkan bahwa Reputasi Kampus Berbasis Orang Tua berpengaruh positif terhadap promosi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang. Selain itu, promosi juga berpengaruh positif terhadap keputusan memilih universitas. Orientasi orang tua, kualitas pembelajaran, dan kualitas dosen juga memiliki pengaruh positif terhadap promosi. Kualitas dosen memiliki pengaruh paling signifikan terhadap promosi, diikuti oleh kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam bagi pihak perguruan tinggi dalam mengelola reputasi dan meningkatkan strategi promosi untuk menarik minat calon mahasiswa. Rekomendasi meliputi peningkatan transparansi informasi dosen dan pendekatan pembelajaran inovatif, optimalisasi situs web sekolah, penguatan hubungan dengan alumni dan staf, serta penekanan lebih lanjut pada pengembangan kualitas dosen. Dengan demikian, penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang (STAI-DA).
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB