
Peran Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Kelas IV SDN 106153 Klambir V
Peran Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Kelas IV SDN 106153 Klambir V, Peran mahasiswa PPL, mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar PAI bagi siswa....
Author: ZURIA UMMI
Date: 2022
Keywords: Peran mahasiswa PPL, mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar PAI bagi siswa.
Type: Skripsi
Category: penelitian
PPL merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan mahasiswa sebagai bentuk penerapan teori yang didapat selama di bangku perkuliahan mencakup dari berbagai hal baik itu latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan diluar mengajar secara terbimbing untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan yang profesional dan terlatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran mahasiswa PPL dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat peran mahasiswa PPL dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil peran mahasiswa PPL dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum 2013, menghias kelas agar kelas nyaman dan menarik, peraktik mengajar, literasi, membaca Al-Qur’an, mengajari anak-anak yang terlambat membaca secara individu, memberikan nilai atas hasil pembelajaran siswa serta mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam agar tujuan pembelajaran tercapai. Faktor pendukung PPL dalam mengelola kelas meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam yaitu adanya dosen pembimbing, kepala sekolah, guru pamong, guru, siswa yang sangat baik serta tersedianya sarana prasarana yang lengkap sesuai dengan yang di butuhkan, sedangkan faktor penghambat PPL dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam adalah mahasiswa masih awam dalam menyampaikan konsep, materi dan media pembelajaran yang masih butuh bimbingan serta belajar lagi agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien, masih ada beberapa siswa yang membangkang dan tidak mau diarahkan sehingga pembelajaran terkadang kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran, masih ada siswa yang malas membaca di saat kegiatan literasi, karena masih dalam masa pandemi Covid 19, jadi proses KBM dilakukan secara daring.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB