REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan

ANANDA NURUL ANISA (2024)

penelitian-implementasi-metode-pembelajaran-sq3r-survey-question-read-recite-and-review-pada-mata-pelajaran-alqur-39an-hadits-di-mts-alishlah-sei-belutu-medan

Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan

Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Ishlah Sei Belutu Medan, Metode Pembelajaran, SQ3R, Al-Qur’an Hadis...

Author: ANANDA NURUL ANISA
Date: 2024
Keywords: Metode Pembelajaran, SQ3R, Al-Qur’an Hadis
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi metode SQ3R pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al Ishlah Sei Belutu Medan, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembelajaran SQ3R pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al Ishlah Sei Belutu Medan. penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MTs Sei Belutu, Guru Al-Qur’an Hadits, dan siswasiswi MTs Sei Belutu Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Implementasi metode SQ3R pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al Ishlah Sei Belutu Medan yaitu, dapat memberikan pengaruh terhadap belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis, pada ayat Al-Fajr ayat 15-18. Selain itu penerapan dari metode ini pada mata pelajaran Al-Quran hadis dapat menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang efektif serta dapat meningkatkan siswa dalam belajar khususnya pada mata pelajaran ini. Metode pembelajaran SQ3R dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, dengan penggunaan metode ini juga dapat memperluas pemahaman siswa serta dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran sehingga siswa mampu mengingat materi yang telah dipelajari. Faktor pendukung yaitu: dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa dalam belajar, serta dapat membuat siswa lebih paham inti sari dari pembelajaran terkhususnya pada materi yang disampaikan, siswa lebih aktif dalam proses belajar. Faktor penghambat yaitu: kurangnya sumber bacaan atau referensi, terbatasnya fasilitas belajar seperti sumber belajar maupun alat peraga pembelajaran dan hambatan di waktu pembelajaran.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB