
Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Toleransi dan Disiplin dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAS Amaliyah Sunggal
Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Toleransi dan Disiplin dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAS Amaliyah Sunggal, Implementasi Nilai Karakter Disiplin, Mata Pelajaran Akidah Akhlak...
Author: JOAN ALVANDI
Date: 2024
Keywords: Implementasi Nilai Karakter Disiplin, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas X yang masih belum menerapkan kedisiplinan pada pembelajaran mereka dan bagaimana penerapan serta strategi guru akidah akhlak dalam menerapkan nilai karakter disiplin pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui implementasi nilai karakter disiplin pada pembelajaran akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Medan Sunggal. 2) mengetahui apa saja pendukung serta penghambat dalam pengimplementasian nilai karakter disiplin pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru akidah akhlak, bagian kesiswaan, dan perwakilan siswa/siswi kelas X. Adapun data sekunder di peroleh dari bahan kepustakaan, penelitian relevan, dan dokumen terkait. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi nilai karakter disiplin di MAS Amaliyah Medan Sunggal telah diterapkan kepada seluruh peserta didik diantarnya hadir tepat waktu ke sekolah, memakai seragam sesuai aturan, berpenampilan rapi, tidak boleh merusak fasilitas sekolah, dan lain sebagainya. Adapun Implementasikan nilai karakter disiplin pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu melalui kegiatan rutin seperti memberikan motivasi serta arahan sebelum pembelajaran dimulai, menerapkan one day one asmaul husna, dan tidak memperbolehkan siswa-siswi yang terlambat lewat dari 10 menit untuk mengikuti pembelajaran. Melalui kegiatan Spontan seperti menasihati, memberikan teguran serta hukuman kepada siswa-siswi yang melakukan pelanggaran. Melalui kegiatan keteladanan seperti guru akidah akhlak memberikan contoh kedisiplinan kepada siswa-siswi. Hal ini diterapkan pada siswa-siswi kelas X mata pelajaran akidah akhlak dan hasilnya mendapat respon yang positif. Adapun faktor pendukung yaitu: faktor guru, sarana dan prasarana, kesadaran diri sendiri, dan faktor keluarga/ orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu: faktor lingkungan, faktor dari diri siswa itu sendiri yang kurang motivasi dalam dirinya, dan teknologi yang berupa media elektronik seperti handphone.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB