
PENARAPAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN PADA RESTORAN CEPAT SAJI
PENARAPAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN PADA RESTORAN CEPAT SAJI, Penerapan Metode, Metode Service Quality (Servqual), Peningkatan Pelayanan, Restoran Cepat Saji...
Author: IRHAM PRAWIRA SIREGAR
Date: 2023
Keywords: Penerapan Metode, Metode Service Quality (Servqual), Peningkatan Pelayanan, Restoran Cepat Saji
Type: Skripsi
Category: penelitian
Bidang kuliner, tentunya selain rasa dan tampilan dari makanan yang disajikan, kualitas layanan yang diberikan oleh pemilik usaha kuliner adalah hal yang utama untuk memberikan kepuasan pelanggan. Dengan stigma banyaknya usaha kuliner yang tersedia di pasaran saat ini, dibutuhkan suatu bentuk peningkatan yang harus diberikan kepada para pelanggan. Dengan tujuan agar pelanggan tetap menjadi loyal dan tidak berpindah ke kompetitor lainnya. Pada penelitian ini akan dikembangkan sebuah sistem yang dapat menilai kepuasan yang dirasa oleh pelanggan dengan menjawab beberapa kuisoner pada sebuah halaman web. Pada sistem tersebut akan diterapkan metode Service Quality yang merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, sehingga akan diperoleh nilai GAP (kesenjangan) yang merupakam selisih antara persepsi konsumen terhadap layanan yang telah diterima dengan harapan terhadap yang akan diterima. Berikut rumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian ini, antara lain, Bagaimana mendapatkan informasi kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diterima pada sebuah restoran?, Bagaimana menerapkan metode SERVQUAL untuk menganalisa tingkat kepuasan pelanggan atas suatu pelayanan?, Bagaimana membangun sebuah aplikasi berbasis web untuk menerima masukkan dari pelanggan terkait tingkat pelayanan yang diterima pada suatu restoran?. Penelitian dimulai dengan menentukan kebutuhan data penelitan, diantaranya adalah data sampel yang akan digunakan untuk proses perhitungan metode SERVQUAL Pada penelitian ini akan digunakan data input berupa kumpulan script yang akan dibangun untuk menjadi sebuah sistem untuk mengukur tingkat kualitas layanan yang telah diberikan oleh sebuah Restoran Cepat Saji. Sehingga akan menghasikan output berupa tingkat kualitas layanan yang telah diberikan oleh Restoran Cepat Saji dan bagian-bagian layanan apa saja yang masih perlu untuk ditingkatkan. Sehingga dapat dijadikan acuan bagi Restoran Cepat Saji untuk meningkatkan pelayanan yang dapat diberikannya kepada pelanggan. Pada penelitian ini telah dihasilkan sebuah sistem berbasis web yang dapat digunakan untuk menganalisa tingkat kepuasan pelanggan menggunakan metode Service Quality. Sistem dapat digunakan oleh responden untuk mengisi identitas dan menjawab tingkat kenyataan dan harapan dari pelayanan pada Restoran Cepat Saji. Restoran Cepat Saji dapat melihat hasil perhitungan dalam bentuk diagram untuk melihat nilai GAP atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan dari pelayanan yang diberikan ke pelanggan. Sistem pada penelitian ini dibangun menggunakan perangkat lunak Visual Studio Code menggunakan bahasa pemrograman PHP. Basis data yang digunakan untuk mengelola data kuisoner dari pelanggan adalah MySQL Database.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB