
Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di SD IT Bunayya II Medan Sunggal
Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di SD IT Bunayya II Medan Sunggal, Model Pembelajaran, Guru PAI, Prestasi Belajar, Siswa...
Author: GUNAWAN
Date: 2023
Keywords: Model Pembelajaran, Guru PAI, Prestasi Belajar, Siswa
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta faktor pendukung dan kendalanya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Bunayya Medan Sunggal sejak peneliti berkunjung sampai penelitian dilakukan yakni sejak bulan April 2022 sampai dengan Desember 2022. Objek penelitiannya adalah siswa kelas VI (enam) SD IT Bunayya Medan Sunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VI SD IT Bunayya Sunggal dapat dikatakan menggunakan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Pada praktiknya, model ini dapat ditandai dengan; 1) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, 2) guru PAI lebih banyak mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, 3) cara-cara pembelajaran inovatif juga dilakukan guru PAI dalam mengkonstruksi pengetahuan baru bagi siswa secara mandiri, 4) secara kreatif, guru PAI mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran (metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, latihan, resitasi) dalam pencapaian kompetensi siswa, 4) agar lebih menarik dan menyenangkan, guru PAI mengintegrasikan media gambar dan video dalam proses pembelajaran sekaligus melakuan variasi dan penguatan. Adapun faktor pendukung model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu; 1) adanya pelatihan-pelatihan baik itu dari internal sekolah maupun lembaga dinas dan lembaga independen lainnya, 2) adanya sarana/fasilitas belajar yang memadai, 3) adanya kegiatan lintas subjek kurikulum. Sedangkan kendalanya yaitu; 1) berasal dari guru sendiri, khususnya pada kecepatan problem solving siswa, 2) berasal dari siswa, berkenaan dengan labilnya minat dan motivasi belajar siswa. Model Pembelajaran yang dilakukan guru PAI di SD IT Bunayya Medan Sunggal memberikan dampak yang positif terhadap prestasi belajar siswa.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB