
Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal
Implementasi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal, Implementasi , Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam...
Author: BELLA RIZKI ANANDA
Date: 2023
Keywords: Implementasi , Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi guru PAI dalam pengelolaan pembelajaran Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Medan, 2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat implementasi pengelolaan pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 47 Medan, Guru Pendidikan Agama Islam SMP Muhammadiyah 47 Medan, dan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 47 Medan. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi selain itu teknik analis data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Medan, yaitu: Terbilang sudah cukup baik, pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam, yang meliputi: Penyusunan perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan interaksi belajar mengajar, Penilaian prestasi peserta didik, dan Pelaksanaan tindak lanjut dari penilaian (tugas harian, ulangan dan ujian akhir semester). Faktor pendukung implementasi pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu bangunan dan sarana yang memadai, nyaman, dan baik dari segi apapun. Adapun guru menjadi faktor pendukungnya yaitu guru mampu mengimplementasi pengelolaan pembelajaran dengan baik. Faktor penghambatnya kurang minat dan motivasi siswa dalam belajar yang diakibatkan dari keadaan siswa yang mungkin lelah dalam belajar, jenuh dengan pembelajarannya dan lainnya. Sehingga hal ini dapat menjadi kendala bagi guru dalam mengimplementasi pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam apabila semangat belajar, dang kurangnya motivasi siswa maka minat siswa dalam belajar akan menjadi sangat kurang.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB