
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG DI INDONESIA DALAM HAL KEHILANGAN BARANG
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG DI INDONESIA DALAM HAL KEHILANGAN BARANG, konsumen, Jasa Pengiriman Barang...
Author: WINDA PRATIWI
Date: 2023
Keywords: konsumen, Jasa Pengiriman Barang
Type: Skripsi
Category: penelitian
Kecenderungan belanja masyarakat di era sekarang mengarah kepada belanja dengan transaksi online. Hal tersebut tidak terlepas dari pentingnya peran jasa pengiriman dalam melakukan pengiriman barang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaturan hukum barang pengiriman di Indonesia, serta permasalahan yang terjadi pada konsumen jasa pengiriman barang di Indonesia, dan perlindungan hukum terhadap konsumen jasa pengiriman barang di Indonesia dalam hal kehilangan barang. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif, adapun metode penelitian yang dipakai yaitu studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan menggunakan data sekunder dan data primer. Bahwa penulis menemukan beberapa permasalahan yang terjadi pada jasa pengiriman barang. Jasa pengiriman barang merupakan badan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan merupakan suatu bentuk layanan publik yang menawarkan kemudahan dalam pelaksanaannya. Perlindungan kepada pelaku usaha didasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan, yakni undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. bentuk permasalahan yang muncul adalah pengiriman barang lama, barang mengalami kerusakan, barang hilang saat proses pengiriman, dan barang tertahan bea cukai. Penyelesaian permasalahaan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen pada perusahaan jasa pengiriman barang dapat ditempuh melalui jalur litigasi dan non litigasi.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB