
Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal
Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, Kreativitas, Guru PAI, Minat Belajar...
Author: LUSI DWIYANTI
Date: 2023
Keywords: Kreativitas, Guru PAI, Minat Belajar
Type: Skripsi
Category: penelitian
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, 2) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang didapatkan dari kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas VIII. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini menggunakan prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahapan kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kreativitas yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa meliputi penerapan metode atau strategi yang terkait seperti metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan game based learning. Kemudian penggunaan media pembelajaran yang bervariasi berupa video pembelajaran ataupun buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Faktor pendukung dapat dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal ialah kesukaan guru dalam membaca buku yang berkaitan dengan kreativitas sedangkan faktor eksternal ialah sharing session atau sesi diskusi yang rutin dilakukan oleh sekolah setiap bulannya di mana guru dapat berbagi pengalaman bagaimana upayanya dalam menciptakan kreativitas pembelajaran, kemudian bisa menjadi inspirasi bagi guru lain sekaligus menjadi wadah evaluasi bagi guru. Faktor penghambat dapat dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal ialah kurangnya rasa percaya diri guru PAI dan faktor eksternal ialah kondisi kelas serta waktu yang terbatas.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB