
Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada mata pelajaran Akidah Akhlak Melalui Budaya Madrasah di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak.
Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada mata pelajaran Akidah Akhlak Melalui Budaya Madrasah di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak., Implementasi Pendidikan Karakter Islami, Mata Pelajaran Akidah Akhlak...
Author: IRMAWANTI SARAGIH
Date: 2023
Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter Islami, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak, 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAS Tarbiyah Islamiyah Hampran Perak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala Madrasah MAS Tarbiyah Islamiyah, guru Akidah Akhlak dan siswa-siswi berjumlah 6 orang dari berbeda kelas. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi. Prosedur pengumpulan data berupa: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Implementasi pendidikan karakter Islami melalui Budaya Madrasah di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak telah diterapkan kepada seluruh peserta didik yaitu dengan pembiasaan 4S (Senyum, Sapa, Salam, Santun), pembacaan Asmaul Husna, tadarus Al-Quran,dan sholat zuhur berjemaah. Adapun diimplementasikan pendidikan karakter Islami dalam mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu dengan menerapkan materi dan penjelasan, serta penggunaan metode-metode pembelajaran menarik yang di gunakan oleh guru. Adapun nilai-nilai yang diterapkan meliputi nilai religius, jujur, Sopan santun, Toleransi, Disiplin, dan Percaya diri. Hal ini diterapkan kepada seluruh siswa dan hasil nya mendapat respon yang positif. Adapun faktor pendukung yaitu: faktor guru, Sarana dan prasarana dan faktor keluarga/orang tua. Faktor penghambatnya yaitu, faktor lingkungan , faktor dari siswa itu sendiri yang kurang motivasi dalam dirinya, Teknologi berupa media elektronik yaitu Handphone.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB