
Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Tentang Pengurusan Jenazah di MAS Jabal Hindi Kab. Batubara
Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Tentang Pengurusan Jenazah di MAS Jabal Hindi Kab. Batubara, Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran...
Author: SUKRI HAMDI
Date: 2023
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran
Type: Skripsi
Category: penelitian
Berdasarkan analisis terhadap data hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metodeproyek pada pembelajaran PAI memudahkangurudalam menerangkan materi-materi dan siswa pun mudah memahami materi yangdisampaikan serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaranPAIyang berdampak pada hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di kelas XI MASJabal Hindi.Peningkatan keaktifansiswa dalam proses pembelajaran PAI ini terlihat dari hal-hal berikut Keaktifan siswa dalam pembelajaran tatacara pengurusan jenazah mengalami peningkatan setiap siklus yakni siklus I terdapat siswa yang sangat aktif 6,04%, aktif63,19%, cukup aktif 24,11?n kurang aktif 4,67%. Selain itu diperoleh hasil belajarsiswa yang tuntas memenuhi nilai ? 75 adalah 52,94%. Siklus II terdapat siswayangsangat aktif 19,75%, aktif 78,99?n cukup aktif 1,26%. Selain itu diperolehhasil belajar siswa yang tuntas memenuhi nilai ? 75 adalah 94,12%. Terdapat perbedaanpeningkatan keaktifan siswa dalam belajar sebelum menggunakan metode proyekdansesudah menggunakan metode proyek. Berdasarkan data diatas peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapanmetodeproyek dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PAI di kelas XI MasJabal Hindi. Implikasi dari penelitian yang telah dilakukan yakni penerapanmetodeproyek adalah dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menarik dimana siswa dapat ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Baik aktif dari segi fisik maupunmental, siswa aktif berpikir dan mengemukakan pendapatnya dengan bahasa dan gaya yangdipahami oleh siswa. Penerapan metode ini juga dimaksudkan untuk memudahkansiswadalam memahami materi pembelajaran PAI, karena dengan siswa diajak untukikut berperan akan menjadi lebih mudah menangkap pemahaman materi dan menghindari verbalism.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB