
ANALISA PENJUALAN PRODUK LAFONTE MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING ( STUDI KASUS : PT. INDODAIRY CONTIENTAL
ANALISA PENJUALAN PRODUK LAFONTE MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING ( STUDI KASUS : PT. INDODAIRY CONTIENTAL, Data Mining, K-Means, Penjualan...
Author: SITI ANDRIANI
Date: 2023
Keywords: Data Mining, K-Means, Penjualan
Type: Skripsi
Category: penelitian
Produk Lafonte menghadirkan makanan pasta khas Italia yang dikemas agar mudah disajikan. Jenis pastanya pun beragam, mulai dari spageti, makaroni, cocciolini dan lainnya. Dengan penjualan atas penjualan produk Lafonte yang dikelompokkan dapat menyelesaikan kendala konsumen dan penjualan, agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan mutu perusahaan yang berkualitas pada penjualan produk Lafonte. Berdasarkan data penjualan menjadi nilai tengah, untuk mengklasifikasikan penjualan sebagai acuan jumlah penjualan produk Lafonte dan membuat kebijakan yang dapat menguntungkan perusahaan. Berdasarkan permasalahan diatas, dibutuhkan solusi . suatu keilmuan data mining dengan menerapkan metode K-Means. Penerapan Data mining menggunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam pengelompokan penjualan pada produk Lafonte. Penerapan algoritma Clustering telah digunakan dalam berbagai kasus pengelompokan data seperti yang digunakannya K-Means Clustering untuk pada menganalisa produk Lafonte yang diminati oleh konsumen, agar dapat meminimal-isir kerugian dan bertumpuknya suatu penjualan yang berdampak buruk bagi pe-rusahaan, sehingga Algoritma KMeans sangat sesuai dan dapat sebagai alat bantu untun menentukan penjualan di perusahaan dalam bentuk suatu kelompok. Hasil yang didapatkn berupa sistem yang dirancang dan dibangun menggunkan keilmuan data mining dengan algoritma k-means dari sistem yang dibangun yang mendapatkan hasil yang maksimal dan mengelompokkan data yang lebih efisien maupun efektif.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB