
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASAR-PASARAN PADA KELOMPOK B DI TK KARTIKA 1-2 KECAMATAN SUNGGAL
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PASAR-PASARAN PADA KELOMPOK B DI TK KARTIKA 1-2 KECAMATAN SUNGGAL, Kemampuan Berbicara, Permainan Tradisional Pasar-Pasaran...
Author: BALQIS FEBRI ANANDA
Date: 2023
Keywords: Kemampuan Berbicara, Permainan Tradisional Pasar-Pasaran
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berbicara anak di TK Kartika 1-2 Kota Medan pada kelompok B belum berkembang secara optimal. Salah satu upaya yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak adalah melalui permainan tradisonal pasar-pasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara pada anak kelompok B sebelum diberikan permainan tradisional pasar-pasaran dan untuk mengetahui kemampuan berbicara pada anak kelompok B sebelum diberikan permainan tradisional pasarpasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Kartika I-2 Kota Medan yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan berbicara anak pada kelompok B di TK Kartika I-1 Kota Medan sebelum dilakukannya permainan tradisional pasarpasaran masih belum berkembang dengan maksimal, dan kemampuan berbicara anak pada kelompok B di TK Kartika I-1 Kota Medan setelah dilakukannya permainan tradisional pasar-pasaran meningkatkan pada setiap siklus dimana pada siklus I kemampuan berbicara anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 12% (2 anak) meningkat menjadi 82% (13 anak) pada siklus II.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB