
Pola Komunikasi Guru PAI Dalam Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal
Pola Komunikasi Guru PAI Dalam Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal, -...
Author: SITI MULIYANI
Date: 2023
Keywords: -
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Guru PAI Dalam Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal. 2) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung Pola Komunikasi Guru PAI Dalam Pembinaan Ibadah Peserta Didik di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data yaitu 1) Data primer, diperoleh dari kepala sekolah, guru/wali kelas dan perwakilan peserta didik. 2) Data sekunder, diperoleh dari bahan kepustakaan, penelitian relevan dan dokumen yang terkait. Pengempulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Dari hasi penelitian yang diperoleh yaitu pola komunikasi yang digunakan dalam pembinaan ibadah di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal sudah sangat baik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan ibadah. Faktor pendukung internal salah satunya yaitu adanya visi misi yang jelas dan dijadikan acuan dalam membina ibadah peserta didik. Dan salah satu faktor eksternalnya yaitu kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik. Adapun faktor penghambat internal salah satunya yaitu pembinaan ibadah di sekolah belum dilakukan secara maksimal, hal ini terbukti dengan masih adanya peserta didik yang belum menganggap bahwa ibadah shalat adalah ibadah wajib, hal ini dapat terjadi karena faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada peserta didik ketika dirumah. Saran dari penelitian ini adalah 1) Kepada para guru di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal terutama guru pendidikan agama Islam agar dalam pembinaan ibadah peserta didik lebih memperhatikan pola komunikasi yang digunakan dan dapat menyesuaikan pola komunikasi apa yang akan digunakan. 2) Kepada guru di SMP Muhamadiyah 47 Sunggal agar lebih memperhatikan peserta didik pada saat pelaksanaan shalat dan membaca Al-Qur’an. Agar peserta didik lebih khusyu’ dalam menjalankan ibadah
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB