REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN SISWA SD IT ANANDA YARA ISLAMIC SCHOOL DESA SUKA MAJU KECAMATAN SUNGGAL

NURHAYATI (2023)

penelitian-strategi-guru-dalam-meningkatkan-minat-baca-alqur-39an-siswa-sd-it-ananda-yara-islamic-school-desa-suka-maju-kecamatan-sunggal

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN SISWA SD IT ANANDA YARA ISLAMIC SCHOOL DESA SUKA MAJU KECAMATAN SUNGGAL

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN SISWA SD IT ANANDA YARA ISLAMIC SCHOOL DESA SUKA MAJU KECAMATAN SUNGGAL, Strategi Guru, Minat Baca AlQur’an....

Author: NURHAYATI
Date: 2023
Keywords: Strategi Guru, Minat Baca AlQur’an.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat baca AlQur’an siswa di SD IT Ananda Yara Islamic School Desa Suka Maju, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa di SD IT Ananda Yara Islamic School Desa Suka Maju. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Riset lapangan, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarkan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian yaitu guru SD IT Ananda Yara Islamic School Desa Suka Maju dan peserta didik dari kelas V. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1). Gambaran minat baca Al-Qur’an siswa di pengaruhi oleh Kurangnya kesadaran siswa untuk membaca Al-Qur’an yaitu kebanyakan dari siswa kurang menghiraukan akan pentingnya membaca Al-Qur’an dan Lingkungan keluarga juga berpengaruh dalam menurunnya minat baca AlQur’an yaitu kurangnya perhatian orang tua untuk senantiasa mengevaluasi perkembangan anak dalam mempelajarai bacaan Al-Qur’an berdampak pada menurunya minat belajar membaca Al-Qur’an. 2). Strategi Guru dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an yaitu guru menggunakan pelatihan membaca Al-Qur’an secara kelompok dan individu karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam setiap pelajaran, sama halnya dengan mempelajari pelajaran agama, siswa sangat dituntut untuk dapat membaca Al-Qur’an, pembiasaan baca Al-Qur’an sebelum pelajaran yaitu menyuruh siswa untuk membaca Al-Qur’an setiap kali memulai pembelajaran, sebelum guru menyampaikan materi pembelajaran., dan guru memberi target hafalan Hafalan AlQur’an di khususkan untuk semua siswa baik dari kelas 1 sampai dengan kelas VI. Diadakannya juga BTA di sekolah dapat membantu siswa dalam mengembangkan dasar-dasar keislaman dengan membaca Al-Qur’an dapat membentuk akhlak dan pribadi yang berkahlakul karimah, 3). Faktor penghambat dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa yaitu bacaan tajwid dalam Al-Qur’an serta keadaan lingkungan keluarga, dan keterbatasan sarana dan prasarana, faktor pendukung yaitu timbul dari dalam siswa sendiri dan menggunakan metode Iqro’ untuk siswa yang masih belajar huruf hijaiyyah.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB