
PENANGGULANGAN GAYA HIDUP HEDONISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA KARTIKA I-2 MEDAN
PENANGGULANGAN GAYA HIDUP HEDONISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA KARTIKA I-2 MEDAN, Penanggulangan ,Gaya Hedonisme Siswa, Pembelajaran PAI...
Author: NURUL FADHILLA BATU BARA
Date: 2023
Keywords: Penanggulangan ,Gaya Hedonisme Siswa, Pembelajaran PAI
Type: Skripsi
Category: penelitian
Gaya hidup hedonisme merupakan gaya hidup yang tujuan utamanya adalah kenikmatan dunia sesaat. Mayoritas remaja pada saat ini bergaya hidup hedonisme dan gaya hidup hedonisme salah satu budaya yang menjerusmuskan pada kenakalan remaja. Salah satu upaya untuk menanggulangi gaya hidup hedonisme di SMA yaitu melalui pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana gaya hidup di SMA Kartika I-2 Medan yang mengarah pada hedonisme. 2)Mendeskripsikan bagaimana usaha yang dilakukan guru PAI dalam menanggulangi gaya hidup hedonisme melalui pembelajaran PAI di SMA Kartika I-2Medan. 3)Mendeskripsikan kendala apa yang dihadapi guru PAI dalam upaya penanggulangan gaya hidup hedonisme di SMA Kartika I-2 Medan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti berperan sebagai participant observation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan data reduction, data display, verification, dan conclusion. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Gaya hidup siswa yang tergolong hedonisme yaitu meliputi memakai seragam tidak dimasukkan, memakai sepatu berwarna, rambut panjang untuk siswa laki-laki, merokok di sekolah, pacaran di sekolah, nongkrong di kantin ketika pelajaran. 2)Usaha yang dilakukan oleh guru PAI untuk menanggulangi gaya hidup hedonisme yaitu dengan cara menegur secara langsung, memberikan materi penguatan diawal pembelajaran PAI, program Contolling, Program Sholat dhuha dan sholat duhur berjamaah, program membaca AlQuran sebelum dimulai pembelajaran, program operasi rutin yang dilakukan oleh gabungan dari guru BP/BK, kesiswaan dan beberapa guru. 3) Dalam menanggulangi gaya hidup hedonisme guru PAI banyak menghadapi kendala yaitu siswa SMA Kartika 1-2 Medan masih sangat rendah pengetahuan agamanya sehingga mereka mudah sekali terpengaruh dan ikutbergaya hidup hedonisme.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB