REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang

SUNDARI (2023)

penelitian-penerapan-nilainilai-moderasi-beragama-melalui-pendidikan-agama-islam-di-smp-it-darul-muqomah-alkhoiriyyah-deli-serdang

Penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang

Penerapan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang, Penerapan Nilai-NilaisModerasi Beragama, Pendidikan Agama Islam...

Author: SUNDARI
Date: 2023
Keywords: Penerapan Nilai-NilaisModerasi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuanmpenelitian inimuntuk (1) mendeskripsikan proses penerapan nilainilaimmoderasi beragama di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang (2) mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama yang diterapkan di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang (3) mendeskripsikan faktor pendukungmdan penghambat darinpenerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyyah Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primeroyang diperolehadari informan diantarnya yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, danusiswa. Kemudianasumber data sekunder diperolehnmelalui wawancara, observasi danmdokumentasi. analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmini menunjukkan bahwa, (1) Proses penerapan nilai-nilai moderasinberagama melalui pendidikan agamamIslam yaitu, nilai tasamuh, tawazun dan tawassuth diterapkan melalui proses pembelajaran pendidikannagama Islam, nilai i’tidal atau adil diterapkan dengan caranguru pendidikan agamamIslam secara langsung menjadi contoh ataumteladan bagi siswanya,anilai syura dan musawah diterapkan di sekolah dengan cara siswa berdiskusi dan bermusyawarah, (2) Nilai-nilai moderasi beragama yang diterapkan melalui pendidikanmagama Islam adalah nilai tasamuh atau tasamuh, tawazun, tawassuth, i’tidal, syura, dan musawah, (3) Faktor pendukung dari penerapan nilai-nilai moderasi yaitu dukunganndari kepala sekolah, organisasi dan kegiatan sekolah, materi yang berkaitan denganmmoderasi beragama. Faktor penghambatmdari penerapan nilai-nilai moderasimberagama yaitu faktor keluarga dan lingkungannmasyarakat.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB