REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Medan Sunggal

HATTA SALEH (2023)

penelitian-inovasi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-di-sekolah-dasar-islam-terpadu-bunayya-medan-sunggal

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Medan Sunggal

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Medan Sunggal, Inovasi , strategi, media, dan penilaian....

Author: HATTA SALEH
Date: 2023
Keywords: Inovasi , strategi, media, dan penilaian.
Type: Skripsi
Category: penelitian

This research aims to 1) determine innovations in Islamic religious education learning in SD IT Bunayya Medan Sunggal. 2 ) implications of implementing learning innovation Islamic religious education Bunayya Integrated Islamic Primary School Medan Single This research uses a qualitative approach strategy. Collection data was carried out using observation, interviews, and strategies documentation. The research data is processed using data analysis techniques with data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research indicate that 1) innovation in learning strategies for Islamic religious education at IT Bunayya Medan Sunggal as follows: Tilawati, Articulation, Socio Drama, Snowball Tharowing, make a Match and Role Playing, Rost Songs and memorize with hand movements. 2) Innovation in learning media for Islamic religious education at SD IT Bunayya Medan Sunggal is as follows: Tilawati media, props, line Groups, achievement magazines, student achievement books, puzzles and utilization school Park 3) Assessment innovations carried out in religious education learning Islam at SD IT Bunayya Medan Sunggal is as follows: reading with rost song, assessment from student contact book, assessment from teacher council, assessment of each lesson chapter and assessment of student etiquette every day 4) The implications of innovation from the aspects of values, attitudes and learning responses of SD IT students Bunayya Medan Sunggal as follows: students are able to read al Quran with tartil and rost song. Keywords: Innovation, strategy, media, and assessment. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SD IT Bunayya Medan Sunggal. 2 )implikasi dari pelaksanaan inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan strategi pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan strategi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data penelitian diolah dengan teknik analisis data dimulai dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) novasi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di IT Bunayya Medan Sunggal sebagai berikut : Tilawati, Artikulasi, Sosio Drama, Snowball Tharowing, make a Match dan Role Playing, Lagu Rost dan menghafal dengan gerakan tangan. 2 ) Inovasi media pembelajaran pendidikan agama Islam di SD IT Bunayya Medan Sunggal adalah sebagai berikut: media Tilawati, alat peraga, line Group, mading prestasi, buku prestasi siswa, puzzle dan pemanfaatan taman sekolah 3) Inovasi penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SD IT Bunayya Medan Sunggal adalah sebagai berikut: membaca dengan lagu rost, penilaian dari buku penghubung siswa, penilaian dari dewan guru, penilaian dari per bab pelajaran dan penilaian adab siswa setiap hari 4) Implikasi inovasi dari aspek nilai, sikap dan respon belajar siswa SD IT Bunayya Medan Sunggal sebagai berikut: siswa mampu membaca al-Quran dengan tartil dan lagu rost

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB