
PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENGENAL SERANGGA DENGAN BAHASA LATIN PADA ANAK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID
PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENGENAL SERANGGA DENGAN BAHASA LATIN PADA ANAK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID, Augmented reality, Serangga, Bahasa latin....
Author: M. IQBAL
Date: 2023
Keywords: Augmented reality, Serangga, Bahasa latin.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pembuatan Aplikasi Augmented reality Untuk Mengenal Serangga Dengan Bahasa Latin Pada Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android. Aplikasi augmented reality untuk mengenal serangga dengan bahasa Latin pada anak sekolah dasar menggunakan metode marker based tracking berbasis Android dibuat dengan tujuan untuk membantu anak-anak sekolah dasar belajar mengenal serangga dan nama-namanya dalam bahasa Latin secara interaktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah marker based tracking system, yang meliputi perumusan masalah, penentuan tujuan, studi pustaka, pengumpulan data, analisis kebutuhan aplikasi, desain sistem, perancangan desain marker, perancangan interface aplikasi Android, perancangan objek 3D, serta implementasi dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality berhasil berjalan dengan baik pada android dengan menggunakan SDK vuforia sebagai engine AR nya. Visualisasi objek 3D serangga berhasilkan ditampilkan dengan baik diatas marker katalog serangga dan berfungsi sebagaimana mestinya seperti drag, zoom rotate serta audio informasi. Kesimpulannya, aplikasi ini dapat membantu anak-anak belajar mengenal serangga dan nama-namanya dalam bahasa Latin secara lebih mudah dan menyenangkan.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB