
Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-washliyah 48 Binjai
Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-washliyah 48 Binjai, Metode Role Playing, Minat Belajar...
Author: SRI DEVI HARDIYANTI
Date: 2023
Keywords: Metode Role Playing, Minat Belajar
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Washliyah 48 Binjai, 2) Hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs AlWashliyah 48 Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan riset lapangan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode role playing dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Washliyah 48 Binjai tersebut sudah dilakukan guru dengan melaksanakan langkah-langkah penggunaannya seperti membuat persiapan dan instruksi, tindakan dramatis dan diskusi, dilanjutkan dengan evaluasi. Pembelajaran di kelas mengalami perubahan setelah diterapkannya metode pembelajaran role playing oleh guru. Hal ini terlihat dari antusias mereka mengikuti pembelajaran dengan senang dan mereka aktif memberikan pendapat pada saat belajar. 2) Adapun hambatan yang dihadapi serta solusi dalam mengimplementasikan metode role playing adalah sebagai berikut: a) Kurangnya kemampuan guru. Solusinya: guru harus meningkatkan kemampuannya dengan mempelajari metode lain serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas sehingga tidak terpacu pada satu metode saja. b) Mempersiapkan naskah drama. Solusinya: guru harus mengembangkan keterampilan menulis. c) Keterbatasan waktu. Solusinya: guru dalam membuat naskah drama membatasi jumlah tokoh yang akan diperankan dalam materi pembelajaran Akidah Akhlak sehingga akan membantu dalam menghemat waktu dan mempermudah proses pelaksanaannya.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB