REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal

ZULPIKAR ROMATUA SRG (2023)

penelitian-strategi--pembelajaran-pendidikan-agama-islam-di-sekolah-sdn-104185-sei-semayang-kec-sunggal

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal, Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam....

Author: ZULPIKAR ROMATUA SRG
Date: 2023
Keywords: Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman guru dalam Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 104185 Sei Semayang Medan (2) Nilai-nilai Nasionalisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang di Biasakan di SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal. Dalam skripsi ini peneliti membahas secara rinci pemahaman guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan apa saja yang terbentuk kepada siswa-siswa di SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal melalui sumber-sumber terkait. Metode penelitian ini digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Instrument peneliti yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan untuk menganalisish penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam pondok pesantren tersebut serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupa mengadakan penelitian secara menyeluruh. Adapun hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan dua temuan yakni, temuan umum dan temuan khusus. Temuan umum meliputi, latar belakang berdirinya SDN 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal, visi dan misi, tujuan dan target, keadaan pendidik, sarana dan perasarana, aktivitas siswa setiap hari, dan keberadaan siswa. Sedangkan temuan khusus yang peneliti dapati yaitu guru menentukan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan guru menggunakan strategi pembelajaran Agama Islam yaitu strategi kooperatif dan kontekstual teaching learning (CTL) dan peneliti mendapatkan berbagai faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan strategi pembelajaran tersebut. Seperti di antaranya dapat dilihat dari segi kemampuan guru, sumber sarana, fasilitas dan siswa sebagai factor pendukung. Adapun faktor penghambatnya adalah lingkungan sekolah yang sempit sehingga suasana pembelajaran kurang efektif, kurangnya alat praktek, kurangnya fasilitas sekolah Dalam mengukur bentuk penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 104185 Sei Semayang Sunggal.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB