![penelitian-merdeka-belajar-pada-anak-usia-dini-dalam-mewujudkan-literasi-agama-islam-untuk-pembentukan-karakter-religius-di-tkit-baitul-hijrah-kota-binjai penelitian-merdeka-belajar-pada-anak-usia-dini-dalam-mewujudkan-literasi-agama-islam-untuk-pembentukan-karakter-religius-di-tkit-baitul-hijrah-kota-binjai](https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/cover_153962_img20231107_15461510.jpg.jpg)
Merdeka Belajar Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Literasi Agama Islam Untuk Pembentukan Karakter Religius Di TKIT Baitul Hijrah Kota Binjai
Merdeka Belajar Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Literasi Agama Islam Untuk Pembentukan Karakter Religius Di TKIT Baitul Hijrah Kota Binjai, Merdeka Belajar, Literasi Agama Islam, Karakter Religius...
Author: EKA PUTRI SULISTIA HUTABARAT
Date: 2023
Keywords: Merdeka Belajar, Literasi Agama Islam, Karakter Religius
Type: Skripsi
Category: penelitian
Merdeka belajar pada anak usia dini adalah merdeka bermain. Pembelajaran yang bersifat merdeka dan menyenangkan dapat dijadikan suatu solusi dalam pemberian pengetahuan dan pendidikan pada anak sehingga anak dapat belajar dan bereksplorasi melalui lingkungannya. Literasi agama Islam merupakan salah satu pembelajaran yang harus didapatkan oleh anak sejak dini sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasinya terutama pada literasi agama Islam dan memiliki pengetahuan dan pendidikan agamanya sebagai bekal dimasa depannya kelak serta dapat membentuk karakter religius pada anak sejak dini . Mewujudkan literasi agama Islam untuk pembentukan karakter religius dapat dilakukan melalui merdeka belajar agar anak tidak mudah bosan dan terbebani dalam pembelajarannya sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan dilakukan dengan cara menganalisa kemampuan anak, menentukan tujuan pembelajaran dan menyusun modul ajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam merdeka belajar pada anak usia dini dalam mewujudkan literasi agama Islam untuk pembentukan karakter religius di TKIT Baitul Hijrah Kota Binjai adalah dengan metode bernyanyi, bercerita dan bermain peran serta melibatkan orangtua dalam aktivitas pembelajaran dirumah. Faktor pendukungnya yaitu adanya semangat dan kreativitas guru dalam mengajar, semangat belajar pada anak, sarana dan prasarana yang memadai, program PROTABA, dan program pertemuan guru dan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perubahan suasana hati anak, kurang bervariasinya buku-buku bacaan anak, penggunaan gadget yang berlebih.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB