![penelitian-implementasi-manajemen-kelas-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-di-sd-islam-al-ulum-terpadu-medan penelitian-implementasi-manajemen-kelas-dalam-meningkatkan-mutu-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-di-sd-islam-al-ulum-terpadu-medan](https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/cover_153926_img20231107_14254327.jpg.jpg)
Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan
Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan, Implementasi, Manajemen Kelas, Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam...
Author: NUR SAHWATI
Date: 2023
Keywords: Implementasi, Manajemen Kelas, Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pembahasan skripsi ini adalah tentang implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas dan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui manajemen kelas di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan manajemen kelas sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran, guru memiliki keterampilan dalam merumuskan dan merancang rencana pembelajaran secara sistematis dengan menekankan pada upaya pencapaian visi dan misi sekolah. Guru mampu mengorganisasikan atau mengelola kelas baik secara fisik maupun nonfisik dan menguasai berbagai pendekatan manajemen kelas sesuai dengan kondisi peserta didik dan menguasai metodologi pembelajaran yang bervariasi sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Serta guru mampu menguasai dan melaksanakan evaluasi pembelajaran sebagai umpan balik dalam proses pembelajaran. Keberhasilan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran ditandai dengan adanya peningkatan pada capaian belajar peserta didik
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB