REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Peranan kompetensi profesional Guru Pendidik Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar peserta Didik Di SMP TP TAMAN DAYA CIPTA Medan

SAPRIJAL (2022)

penelitian-peranan-kompetensi-profesional-guru-pendidik-agama-islam-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-peserta-didik-di-smp-tp-taman-daya-cipta-medan

Peranan kompetensi profesional Guru Pendidik Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar peserta Didik Di SMP TP TAMAN DAYA CIPTA Medan

Peranan kompetensi profesional Guru Pendidik Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar peserta Didik Di SMP TP TAMAN DAYA CIPTA Medan, Peranan, Kompetensi Profesional, Hasil Belajar Siswa....

Author: SAPRIJAL
Date: 2022
Keywords: Peranan, Kompetensi Profesional, Hasil Belajar Siswa.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran PAI di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan, 2) kompetensi pedagogik guru PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan, dan 3) faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan, dengan waktu penelitian dimulai bulan Oktober 2021 sampai bulan Januari 2023. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data penelitian diolah dengan teknik analisis data dimulai dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran PAI di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan dilaksanakan melalui 4 (empat) tahapan, yaitu. 1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat RPP di awal tahun ajaran baru dengan mengacu pada silabus yang telah disusun oleh pemerintah. Adapun kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan pembelajaran persyaratan dan pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum 2013. 3) Penilaian proses dan hasil pembelajaran dan 4). Penilaian. Kompetensi pedagogik guru PAI dalam Meningatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan dimaan secara keseluruhan sudah memiliki kompetensi pedagogik seperti a) Pemahaman terhadap peserta didik, b) Merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP), c) Melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, d) Mengevaluasi hasil belajar, dan d) Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Adapun faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Swasta TP Daya Cipta Medan. a) Kuantitas (jumlah) Guru, b) Motivasi yang tinggi dari guru-guru, c) Sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat yaitu a) faktor jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh), b) faktor psikologis (Intelegensi, perhatian, minat, bakat, kematangan dan kesiapan).

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB