Model Pembelajaran Tahfiz Al Qur'an di Rumah Tahfiz Al-Fatah Stabat Langkat
Model Pembelajaran Tahfiz Al Qur'an di Rumah Tahfiz Al-Fatah Stabat Langkat, Tahfiz Alquran, Metode Tahsin dan Metode Takrir....
Author: DINDA MUSTIKA PURI
Date: 2022
Keywords: Tahfiz Alquran, Metode Tahsin dan Metode Takrir.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Menghafal alquran merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia, baik di hadapan manusia, terlebih dihadapan Allah SWT. Banyak keutamaan dan manfaat yang diperoleh dari aktifitas menghafal, baik keutamaan yang diperolehnya di dunia maupun di akhirat kelak. Disamping itu penghafal alquran sangat memegang peranan penting dalam menjaga kemurnian dan keaslian alquran hingga akhir zaman. Salah satu wadah yang tepat untuk membina anak-anak dalam menghafal alquran yaitu Pondok Pesantren, karena Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam, sekaligus sebagai wadah pembinaan bagi santriwan/santriwati usia dini. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran tahfi? alquran di Pondok Pesantren Al-Fatah? (2) Faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran tahfi? alquran di Pondok Pesantren Al-Fatah?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sistem, pelakasanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ta?fi? alquran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data pada tesis ini menggunakan metode obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembelajaran tahfi? alquran di Pondok Pesantren Al-Fatah menggunakan metode-metode yang bervariasi, akan tetapi metode yang paling dominan diterapkan adalah metode Tahsin dan metode Takrir. Waktu yang digunakan khusus untuk menghafal 4 hari dalam seminggu. Mewajibkan muraja’ah setiap malam serta menghafalkannya dalam setiap solat. Pelaksanaan evaluasi dengan tes lisan melalui setor hafalan keseluruhan. Adapun motivasi yang diberikan berupa prestasi serta reward beasiswa studi lanjut. Dan faktor pendukung dengan adanya sarana prasarana yang memadai serta waktu yang teratur, sedangkan faktor penghambatnya dikarenakan malas, putus asa dan kurangnya dukungan dari orang tua.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB