Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ar-Rahman Medan
Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ar-Rahman Medan, Problematika, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti...
Author: WANDA HAMIDAH
Date: 2022
Keywords: Problematika, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pembahasan skripsi ini adalah tentang problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Ar-Rahman Medan dan bagaimana langkahlangkah penanggulangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika pembelajaran ndidikan agama Islam dan mendeskripsikan apa saja upaya apa saja yang ilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Ar-Rahman Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan dua umber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang belum siap endukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, waktu pembelajaran pendidikan agama Islam dirasa kurang karena materi yang disampaikan banyak, minimnya kompetensi pendidik dalam menguasai kelas, penguasaan materi dan metode pembelajaran dari pendidik yang cenderung monoton, kurang adanya sarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam. Selain itu juga rendahnya minat peserta didik dalam mempelajari bidang studi pendidikan agama Islam dikarenakan kurang mendapatkan motivasi dari pendidik. Solusi terhadap permasalahan yang dilakukan pendidik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti yang ada di SMP Ar-Rahman Medan ialah dengan berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memberikan jam tambahan di luar kelas jika mereka ingin mempelajari lebih lama serta memberikan tugas untuk materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, mempelajari tentang metode dalam mengajar, melakukan metode selain ceramah seperti metode diskusi untuk siswa lebih aktif, serta membangkitkan minat siswa atau membangkitkan keinginan siswa apabila dikaitkan dengan tujuan pendidikan agama Islam.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB