Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Qur'an (BTQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VIII SMP IT MTTQ School Kecamatan Kutalimbaru
Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Qur'an (BTQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VIII SMP IT MTTQ School Kecamatan Kutalimbaru, Pembelajaran Baca Tulis Quran...
Author: SHARA H. RIZKY
Date: 2022
Keywords: Pembelajaran Baca Tulis Quran
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi pembelajaran Baca Tulis Quran (BTQ) di SMP IT MTTQ School kecamatan Kutalimbaru, baik metode ataupun materi pembelajarannya, 2) faktor pendukung dan juga faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran Baca Tulis Quran Di SMP IT MTTQ School Kecamatan Kutalimbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari guru BTQ, wali kelas VIII, Kepala Sekolah SMP dan siswa kelas VIII MTTQ School. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Quran (BTQ), dilaksanakan sebanyak 5 hari dalam seminggu yang dilaksanakan di awal pembelajaran sebanyak 2 les pelajaran, dimana dalam pelaksanaannya tercakup materi membaca, menulis dan menghafal Al-Quran. Dalam metode menghafal Al-Quran menggunakan metode Lauhim Mahfiudz dimana siswa menghafal bacaan sekaligus menghafalkan bentuk huruf dalam setiap ayat. Dalam pembelajaran Materi membaca Al-Quran guru menggunakan metode iqro’ dan qiroati, serta dalam metode pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, Latihan (drill), pemberian tugas, demonstrasi, dam privat. Adapun beberapa faktor pendukung yaitu, adanya media pembelajaran yang menarik sehingga membuat peserta didik semangat dalam belajar, adanya siswa yang mahir dalam ilmu tajwid sehingga diperbantukan sebagai asisten guru, metode pembelajaran yang berinovasi. Namun, guru juga memperoleh beberapa kendala dalam pembelajaran yaitu: adanya siswa yang belum mengenal huruf hijaiyah, kurangnya motivasi orang tua bagi siswa yang belum lancar membaca Al-Quran.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB