Implementasi Model Desain Sistem Intruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Panca Budi Medan
Implementasi Model Desain Sistem Intruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Panca Budi Medan, Implementasi, Model DSI-PK, Pendidikan Agama Islam...
Author: Nur Padilah
Date: 2022
Keywords: Implementasi, Model DSI-PK, Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Model desain sistem instruksional berorientasi pencapaian kompetensi adalah gambaran proses rancangan sistematis tentang pengembangan pembelajaran, baik mengenai proses maupun bahan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dalam upaya pencapaian kompetensi, Model desain sistem instruksional berorientasi pencapaian kompetensi juga bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan intelektual, emosional, spritual, dan sosial yang bermutu tinggi. Skripsi ini bermaksud mengetahui implementasi, faktor pendukung dan faktor penghambat model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Panca Budi Medan, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif adapun data-data yang berkaitan dengan pembahasan diperoleh dengan menggunakan tiga instrumen pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis kemudian menganalisisdata tersebut sesuai dengan jenisnya. Faktor pendukung yang ditemukan di kelas VIII SMP Panca Budi Medan yaitu: fasilitas sekolah yang memadai, sumber daya manusia (guru) yang profesional , manajemen kelembagaan yang baik.Faktor penghambat implementasi model desain sistem instruksional berorientasi pencapaian kompetensi (DSI-PK) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Panca Budi Medan , antara lain Pertama adalah alokasi kelas yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didik, kedua adalah jam mengajar guru yang dirasakan terlalu padat, ketiga adalah tidak ada pemilahan kelas antara peserta didik yang mempunyai kecerdasan tinggi dan yang rata-rata, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI diakibatkan pengetahuan guru tentang DSI-PK masih minim
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB