Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Lahewa
Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Lahewa, strategi ekspositori pendidikan agama islam...
Author: SELFIAN ACEH
Date: 2022
Keywords: strategi ekspositori pendidikan agama islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data: 1) data primer, kepala sekolah, guru PAI, dan perwakilan siswa kelas IV, 2) data sekunder, dari bahan perpustakaan, penelitian yang relavan, dan dokumen terkait. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran ekspositori pada pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Lahewa yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap penyajian materi PAI, c) tahap menyimpulkan, dan d) tahap pengaplikasian. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi strategi pembelajaran ekspositori pada pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Lahewa yaitu: 1) faktor pendukung; faktor pendukung internal seperti kepala sekolah, kesiapan guru PAI dan komunikasi antara siswa dengan guru, faktor pendukungeksternal seperti peran orang tua dan kerjasama antara orang tua siswa dengan guru. 2) Faktor penghambat; yakni tingkat konsentrasi siswa yang beragam dan tingkat kompetensi guru yang beragam
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB