REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al Khair Sunggal

ELSYA FITRI (2024)

penelitian-penerapan-model-pembelajaran-inkuiri-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-analitis-siswa-dalam-pelajaran-pendidikan-agama-islam-di-smp-it-al-khair-sunggal

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al Khair Sunggal

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al Khair Sunggal, Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Analitis, Pendidikan Agama Islam...

Author: ELSYA FITRI
Date: 2024
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Analitis, Pendidikan Agama Islam
Type: Jurnal
Category: penelitian

Pelatihanl terhadapl kemampuanl berpikirl sangatl dibutuhkanl olehl siswal gunal meningkatkanl intelektuall mereka.l Makal gurul perlul menerapkanl sebuahl strategil ataul perencanaanl yangl matangl danl sesuail denganl tujuanl tersebutl agarl dapatl melatihl kemampuanl berpikirl siswal secaral baik.l Pembelajaranl Inkuiril menekankanl padal prosesl berpikirl secaral kritisl danl analitisl gunal mencaril danl menemukanl sendiril jawabanl daril suatul masalah.l Padal matal pelajaranl Pendidikanl Agamal Islaml strategil Inkuiril cukupl tepatl digunakanl untukl mengasahl kemampuanl berpikir,l mengembangkanl wawasanl danl meningkatkanl intelektuall siswal mengenail materil seputarl Pendidikanl Agamal Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Al Khair Sunggal ? Dan apal sajal kelebihanl danl kelemahanl daril Modell Pembelajaranl Inkuiri.l Metodel penelitianl inil menggunakanl metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian langkah-langkah dalam menerapkan pembelajaran inkuiri yaitu dengan orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Adapun kelebihan dari penerapan pembelajaran inkuiri yaitu menekankan strategi pembelajaran melalui pengembangan dari beberapa aspek kognitif, afektif, psikomotorik sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Sedangkan kekurangannya sulit untuk mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB