REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis atraksi wisata, nilai yang dirasakan, citra destinasi dan motivasi terhadap loyalitas destinasi yang dimediasi heritage tourism ( studi kasus destinasi agrowisata tanah Karo)

DEDY SURANTA SINUKABAN (2024)

penelitian-analisis-atraksi-wisata-nilai-yang-dirasakan-citra-destinasi-dan-motivasi-terhadap-loyalitas-destinasi-yang-dimediasi-heritage-tourism--studi-kasus-destinasi-agrowisata-tanah-karo

Analisis atraksi wisata, nilai yang dirasakan, citra destinasi dan motivasi terhadap loyalitas destinasi yang dimediasi heritage tourism ( studi kasus destinasi agrowisata tanah Karo)

Analisis atraksi wisata, nilai yang dirasakan, citra destinasi dan motivasi terhadap loyalitas destinasi yang dimediasi heritage tourism ( studi kasus destinasi agrowisata tanah Karo), Atraksi Wisata, Perceived Value, Citra Destinasi, Motivasi, kepua san, Loyalitas...

Author: DEDY SURANTA SINUKABAN
Date: 2024
Keywords: Atraksi Wisata, Perceived Value, Citra Destinasi, Motivasi, kepua san, Loyalitas
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh analisis atraksi wisata dan citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan (Studi kasus destinasi agrowisata Tanah Karo). Berdasarkan identifikasi masalah, ditemukan beberapa isu kritis, seperti atraksi wisata kurang menarik, citra destinasi yang negatif, kepuasan dan loyalitas wisatawan yang menurun. Penelitian ini dibatasi pada wisatawan yang berumur 18-55 tahun dan berdomisili di luar Tanah Karo Kota. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 115 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Smart Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, atraksi wisata, perceived value, citra destinasi, motivasi, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan yang dimediasi oleh kepuasan.. Hipotesis dengan nilai tertinggi adalah pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dengan nilai original sample (O) sebesar 0,670 dan T-Statistic sebesar 6,005. Sebaliknya, hipotesis dengan nilai terendah adalah pengaruh atraksi wisata terhadap loyalitas wisatawan yang dimediasi oleh kepuasan dengan nilai original sample (O) sebesar 0,205 dan TStatistic sebesar 2,426. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya perbaikan atraksi wisata, perceived value, citra destinasi dan motivasi wisatawan untuk meneingkatkan loyalitas wisatawan yang dimediasi kepuasan. Saran bagi pelaku industri pariwisata agrowisata Tanah karo agar fokus pada inovasi atraksi wisata, meningkatkan perceived value wisatawan, memperbaiki citra destinasi dan lebih meningkatkan lagi motivasi bagi wisatawan untuk berkunjung untuk meningkatkan loyalitas wisatawan yang dimediasi kepuasan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB