REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

ANALISIS PRODUK JASA, TARIF JASA, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PARTISIPASI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADAPT. PLN (PERSERO) ULP MEDAN KOTA YANG DIMEDIASI CITRA PERUSAHAAN

VERIANNI SINAGA (2024)

penelitian-analisis-produk-jasa-tarif-jasa-hubungan-masyarakat-dan-partisipasi-pelanggan-terhadap-keputusan-pembelian--layanan-listrik-prabayar-padapt-pln-persero-ulp-medan-kota-yang----dimediasi-citra-perusahaan

ANALISIS PRODUK JASA, TARIF JASA, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PARTISIPASI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADAPT. PLN (PERSERO) ULP MEDAN KOTA YANG DIMEDIASI CITRA PERUSAHAAN

ANALISIS PRODUK JASA, TARIF JASA, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PARTISIPASI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADAPT. PLN (PERSERO) ULP MEDAN KOTA YANG DIMEDIASI CITRA PERUSAHAAN, Produk, Tarif Jasa; Hubungan Masyaraka...

Author: VERIANNI SINAGA
Date: 2024
Keywords: Produk, Tarif Jasa; Hubungan Masyaraka
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk jasa, tarif jasa, hubungan masyarakat, dan partisipasi pelanggan terhadap keputusan pembelian layanan listrik prabayar pada PT PLN (Persero) ULP Medan Kota yang dimediasi oleh citra perusahaan. Berdasarkan identifikasi masalah, ditemukan beberapa isu kritis, seperti kualitas produk yang menurun, kesenjangan harga, ketidakefektifan strategi hubungan masyarakat, citra pelanggan yang negatif, kurangnya informasi, serta komunikasi yang tidak efektif. Penelitian ini dibatasi pada pelanggan yang berumur 25-55 tahun dan berdomisili di Kota Medan. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 135 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Smart Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, yaitu produk jasa, tarif jasa, hubungan masyarakat, dan partisipasi pelanggan, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan citra perusahaan. Hipotesis dengan nilai tertinggi adalah pengaruh produk jasa terhadap keputusan pembelian melalui citra perusahaan dengan nilai original sample (O) sebesar 0,777 dan T-Statistic sebesar 11,928. Sebaliknya, hipotesis dengan nilai terendah adalah pengaruh partisipasi pelanggan terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sample (O) sebesar 0,184 dan T-Statistic sebesar 3,043. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya perbaikan kualitas produk, peninjauan tarif jasa yang adil, strategi hubungan masyarakat yang efektif, serta peningkatan partisipasi pelanggan untuk memperkuat citra perusahaan dan meningkatkan keputusan pembelian. Saran bagi PLN adalah fokus pada peningkatan kualitas layanan, penyesuaian tarif yang transparan, penguatan hubungan masyarakat, serta mendorong partisipasi pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan listrik prabaya

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB