ANALISIS ORIENTASI PASAR,LINGKUNGAN,DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHAFAP INOVASI PRODUK UMKM DI BANA PISANG LUMER KAMPUNG LALANG
ANALISIS ORIENTASI PASAR,LINGKUNGAN,DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHAFAP INOVASI PRODUK UMKM DI BANA PISANG LUMER KAMPUNG LALANG, Orientasi Pasar, Lingkungan, Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk...
Author: LASULI MARGARET PANJAITAN
Date: 2024
Keywords: Orientasi Pasar, Lingkungan, Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis orientasi pasar, lingkungan dan keungguan bersaing terhadap inovasi produk UMKM Bana Pisang Lumer Kampung Lalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 92 konsumen sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik yakni dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dengan nilai thitung 2,796 dan sig. 0,006 < 0,05. Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dengan nilai thitung 2,219 dan sig. 0,029 < 0,05. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dengan nilai thitung 4,216 dan sig. 0,000 < 0,05. Orientasi pasar, lingkungan da keunggulan bersaing berpengaruh secara serempak terhadap inovasi produk dengan nilai Fhitung sebesar 35,485 dengan sig 0,000 < 0,05.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB