
Implementasi pendekatan eksplorasi lingkungan untuk pengembangan sains anak usia dini di PAUD Rumah ceria
Implementasi pendekatan eksplorasi lingkungan untuk pengembangan sains anak usia dini di PAUD Rumah ceria, Eksplorasi lingkungan; kemampuan sains....
Author: SITI FATIMAH
Date: 2023
Keywords: Eksplorasi lingkungan; kemampuan sains.
Type: Skripsi
Category: penelitian
Salah satu pendekatan yang tepat digunakan untuk mengembangkan kemampuan sains anak adalah pendekatan eksplorasi lingkungan. Dalam melakukan eksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya seorang anak dapat menggunakan seluruh inderanya dengan menyentuh, merasakan, membau, mencampur, membandingkan apa yang mereka lihat. Bereksplorasi juga dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk memperoleh pengalamaan baru dan situasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Penerapan pendekatan eksplorasi lingkungan dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD Rumah Ceria Desa Namombelin, 2). Perkembangan kemampuan sains anak setelah penerapan pendekatan eksplorasi lingkungan di PAUD Rumah Ceria Desa Namombelin, 3). Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kemampuan sains anak di PAUD Rumah Ceria Desa Namombelin. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Sedangkan teknik analisis datanya dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan eksplorasi lingkungan dilakukan dengan cara membawa anak ke alam sekitar dan mengenalkan secara langsung aneka ragam benda dan hewan yang ada. Kedua, Perkembangan kemampuan sains pada anak di PAUD Rumah Ceria cukup optimal. Ketiga, faktor pendukung pengembangan kemampuan sains anak, diantaranya dukungan pihak Yayasan Rumah Ceria dalam pemberian izin penggunaan sarana dan lingkungan sekolah, pihak Kepala Sekolah dalam pemberian bimbingan dalam penerapan pendekatan eksplorasi lingkungan, serta partisipasi orangtua, dan kemampuan dan pengetahuan yang baik dari para guru mengenai teknik pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya terkait dengan keterbatasan dana bagi praktek percobaan sederhana serta keterbatasan alokasi waktu bagi penuntasan materi ajar.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB