REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

KEDUDUKAN UNIT USAHA LAYANAN KESEHATAN PT. KIMIA FARMA DIAGNOSTIKA DALAM STURKTUR HOLDING COMPANY BUMN FARMASI (PHARMAUCETICAL SOES HOLDING)

KHAIRINA SORAYA (2023)

penelitian-kedudukan-unit-usaha-layanan-kesehatan-pt-kimia-farma-diagnostika-dalam-sturktur-holding-company-bumn-farmasi-pharmaucetical-soes-holding

KEDUDUKAN UNIT USAHA LAYANAN KESEHATAN PT. KIMIA FARMA DIAGNOSTIKA DALAM STURKTUR HOLDING COMPANY BUMN FARMASI (PHARMAUCETICAL SOES HOLDING)

KEDUDUKAN UNIT USAHA LAYANAN KESEHATAN PT. KIMIA FARMA DIAGNOSTIKA DALAM STURKTUR HOLDING COMPANY BUMN FARMASI (PHARMAUCETICAL SOES HOLDING), Unit Usaha Pelayanan Kesehatan, BUMN, Holding Company, BUMN Farmasi....

Author: KHAIRINA SORAYA
Date: 2023
Keywords: Unit Usaha Pelayanan Kesehatan, BUMN, Holding Company, BUMN Farmasi.
Type: Thesis
Category: penelitian

Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas mengatur prinsip separate legal entity. Prinsip ini menunjukkan bahwa sebuah perseroan terbatas memiliki identitas hukum yang terpisah dari pemegang saham dan pengurusnya. Mereka hanya bertanggung jawab sebatas aset atau nilai saham yang dimiliki dalam perseroan terbatas tersebut. Pembentukan holding company BUMN di sektor farmasi menempatkan PT. Kimia Farma Group sebagai perusahaan induk. Salah satu persoalan hukum dalam pembentukan holding company BUMN adalah status hukum anak perusahaan BUMN dan status hukum pejabatnya, apakah mereka dianggap sebagai BUMN. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. PP 72/2016 menjelaskan bahwa mekanisme pembentukan holding BUMN berbeda dengan mekanisme privatisasi. Restrukturisasi BUMN melalui holding dilakukan dengan membentuk satu perusahaan kelompok, di mana salah satu perusahaan BUMN menjadi perusahaan induk. Status badan hukum anak perusahaan BUMN PT. Bio Farma Persero dapat dilihat dari kepemilikan saham oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui PT Bio Farma (Persero) sebesar 100,00%. Kebijakan Saham Seri A Dwiwarna (Saham Preferen) ditempuh oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai langkah strategis untuk membentuk Holding BUMN Farmasi. Pengelolaan unit layanan kesehatan dalam holding company BUMN Farmasi mengacu pada berbagai peraturan perundang-undangan terkait kesehatan. Status kerja tenaga medis yang menjabat sebagai penanggung jawab unit usaha pelayanan kesehatan dalam struktur holding BUMN Farmasi ditentukan oleh badan hukum yang menaungi unit tersebut, yaitu PT. Kimia Farma Diagnostika.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB