
ANALISIS MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAMI DI MAS TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK
ANALISIS MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAMI DI MAS TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK, Model Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan Islami...
Author: NIDA UL HASANAH
Date: 2023
Keywords: Model Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan Islami
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk Mengetahui Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islami di MAS Tarbiyah Islamiyah. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islami di MAS Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan sumber data yaitu: 1) Data primer, diperoleh dari kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. 2) Data sekunder, diperoleh dari bahan kepiustakaan, penelitian relevan, dan dokumen-dokumen yang terkait. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan islami di MAS Tarbiyah Islamiyah: model kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak dominan menggunakan model kepemimpinan demokratis yaitu: a) melakukan koordinasi pekerjaan pada bawahan, b) Memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab para bawahan, c) Mendengar kritik, saran atau pendapat dari bawahan, d) Melakukan kerjasama dengan bawahan. Adapun kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan islami yaitu Pembacaan doa pada sebelum proses belajar mengajar, kepala sekolah menuntut guru dan siswa untuk membaca doa pada sebelum proses belajar mengajar, Dalam kehidupan sekolah, apapun kegiatan yang dilakukan disekolah baik itu kepala sekolah, guru, staf dan peserta didik selalu diawali dengan pembacaan basmalah, Kepala sekolah menuntut peserta didik untuk melaksanakan sholat berjamaah. Adapun faktor pendukung yaitu: faktor guru, dan faktor orangtua. Faktor penghambatnya yaitu, faktor peserta didik, faktor sarana prasarana, dan faktor lingkungan.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB