REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

BUDAYA LITERASI ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN SISWA KELAS VII MTS AMALIYAH SUNGGAL MEDAN

ISWANTO ARIGA (2023)

penelitian-budaya-literasi-alquran-dalam-meningkatkan-kemampuan-membaca-al-qur-39an-siswa-kelas-vii-mts-amaliyah-sunggal-medan

BUDAYA LITERASI ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN SISWA KELAS VII MTS AMALIYAH SUNGGAL MEDAN

BUDAYA LITERASI ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN SISWA KELAS VII MTS AMALIYAH SUNGGAL MEDAN, Budaya Literasi, Kemampuan Membaca Al-Quran...

Author: ISWANTO ARIGA
Date: 2023
Keywords: Budaya Literasi, Kemampuan Membaca Al-Quran
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan Budaya Literasi Al-Quran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Kelas VII MTs Amaliyah Sunggal, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII MTs Amaliyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh dari kepala sekolah MTs Amaliyah sunggal, Guru Quran Hadits MTs Amaliyah sunggal, dan siswa-siswi kelas VII MTs Amaliyah sunggal. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: proses budaya literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Amaliyah Sunggal dengan cara pembiasaan maupun pengembangan budaya literasi Al-Qur’an. Budaya literasi Al-Qur’an di MTs Amaliyah Sunggal dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, hal ini dikarenakan budaya dan pembiasaan yang rutin dilakukan siswa serta bimbingan para guru, hal ini dilihat dari kemampuan membaca siswa, siswa lancar dan fasih membaca Al-Qur’an serta dapat membaca dengan baik dan benar. Selain dari hasil penelitian ini bahwa budaya literasi AlQuran mampu dalam meningkatkan kualitas bacaan siswa-siswi MTs Amaliyah Sunggal. Adapun faktor pendukung dari budaya literasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu berupa pembiasan, peran pihak sekolah dan guru, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya berupa faktor internal yaitu kurang motivasi dan semangat siswa itu sendiri dan latar belakang siswa, seperti lingkungan keluarga yang kurangnya peran orang tua dalam memberikan motivasi kepada anak-anaknya.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB