REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Swasta RIZQY Klambir Lima Kec. Hamparan Perak

DORA FEBRIANA (2023)

penelitian-meningkatkan-kemampuan-motorik-halus-anak-usia-dini-56-tahun-melalui-kegiatan-menganyam-di-tk-swasta-rizqy-klambir-lima-kec-hamparan-perak

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Swasta RIZQY Klambir Lima Kec. Hamparan Perak

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam Di TK Swasta RIZQY Klambir Lima Kec. Hamparan Perak, menganyam, motorik halus, anak usia dini....

Author: DORA FEBRIANA
Date: 2023
Keywords: menganyam, motorik halus, anak usia dini.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kemampuan motorik halus anak di TK swasta Rizqy khususnya anak kelompok B yaitu usia 5-6 tahun. Kegiatan yang dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus ini adalah kegiatan menganyam. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu melatih kemampuan motorik halus anak untuk melatih koordinasi mata dan tangan anak di TK swasta Rizky klambir lima kecamatan hamparan perak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Dan penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart terdiri dari empat tahap: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan, d) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelompok B yaitu usia 5-6 tahun kelas B3 Matahari, di TK swasta Rizqy yang berjumlah 15 orang siswa. Jenis kumpulan data ini dinamakan jenis pengumpulan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini bisa dijelaskan sebagai berikut: 1) Melalui kegiatan menganyam dapat melatih kemampuan motorik halus anak di TK swasta Rizky Klambir lima kecamatan hampran perak. 2) setelah melakukan kegiatan menganyam pada penelitian ini terjadi peningkatan yang signifikan terhadap siswa dimana pada saat Pra siklus siswa yang berkembang sesuai harapan 0% meningkat menjadi 18%, pada siklus I dan siklus II peningkatan dalam kemampuan motorik Halusnya menjadi 80,7%.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB