REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Internalisasi Budaya Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP TP Daya Cipta Medan

MUKHSAN HUTAPEA (2023)

penelitian-internalisasi-budaya-religius-peserta-didik-melalui-kegiatan-ekstrakulikuler-di-smp-tp-daya-cipta-medan

Internalisasi Budaya Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP TP Daya Cipta Medan

Internalisasi Budaya Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP TP Daya Cipta Medan, Internalisasi, Budaya Religius, Kegiatan Ekstrakurikuler...

Author: MUKHSAN HUTAPEA
Date: 2023
Keywords: Internalisasi, Budaya Religius, Kegiatan Ekstrakurikuler
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Internalisasi budaya religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP TP Daya Cipta Medan, (2) Faktor penghambat dan pendukung internalisasi budaya religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler SMP TP Daya Cipta Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif naturalistik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan dua sumbar data yaitu sumber data primer yang di peroleh dari kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan beberapa siswa, dan sumber data skunder yang di peroleh dari Profil, File,dan dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini ialah dengan melakukan observasi atau pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya religius yang ada di SMP TP Daya Cipta Medan berjalan dengan baik namun dengan adanya pelaksanaan budaya 3S (senyum, sapa dan salam), berdoa dan membaca Al-Qur’an dan Al-Kitab sebelum dan sesudah belajar, kegiatan literasi bagi siswa, sholat dhuha, sholat berjama’ah, dan sholat dzhuhur berjama’ah Selain itu ada faktor penghambat dan pendukung budaya religius peserta didik di SMP TP Daya Cipta Medan. Sebagai faktor penghambatnya yaitu masih banyak siswa yang kurang mampu dalam hal membaca istilah nya buta huruf dan masih banyak siswa yang belum tau panjang pendeknya ayat sehingga akan merembet pada pembacaan do’a dan sholatnya, dan faktor pendukungnya yaitu guru sebagai suri teladan bagi siswa, adanya musholah yang bersih untuk melakukan aktifitas sholat, tempat air wudhu yang bersih, buku agama, buku iq’ro dan buku Al-Qur’an.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB