![penelitian-upaya-meningkatkan-kemampuan-mengenal-huruf-hijaiyah-dengan-metode-tamayyuz-di-kelompok-a-ra-al-fityan-medan penelitian-upaya-meningkatkan-kemampuan-mengenal-huruf-hijaiyah-dengan-metode-tamayyuz-di-kelompok-a-ra-al-fityan-medan](https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/cover_153951_img20231107_15355832.jpg.jpg)
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Metode Tamayyuz Di Kelompok A RA Al Fityan Medan
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Metode Tamayyuz Di Kelompok A RA Al Fityan Medan, Kemampuan. Huruf Hijaiyah, Metode tamayyuz...
Author: NURHAYATI
Date: 2023
Keywords: Kemampuan. Huruf Hijaiyah, Metode tamayyuz
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan awal sebelum anak memasuki ke tahap pendidikan selanjutnya. Ada beberapa aspek yang harus dikembangkan pada tahap awal ini diantaranya ialah aspek nilai agama dan moral. Salah satu aspek dari nilai agama dan moral yang harus dikembangkan yaitu mengenal huruf hijaiyah sebagai dasar untuk bisa membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah sebelum menggunakan media tamayyuz dan setelah menggunakan media tamayyuz di kelompok A RA Al Fityan Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dan penilaian pada PTK ini bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode tamayyuz yaitu: sebelum diadakan tindakan atau pada pra siklus kemampuan membaca huruf hijaiyah dinyatakan belum berkembang sebesar 59%, mulai berkembang 23%, berkembang sesuai harapan sebesar 14%, berkembang sangat baik 4%, Pada siklus I dinyatakan belum berkembang sebesar 18 %, mulai berkembang sebesar 37 %, berkembang sesuai harapan sebesar 41%, berkembang sangat baik sebesar 4%. Pada siklus II meningkat kemampuan mengenal huruf hijaiyah dinyatakan belum berkembang sebesar 0%, mulai berkembang sebesar 9%, berkembang sesuai harapan sebesar 55 ?rkembang sangat baik sebesar 36%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode tamayyuz.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB