REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Metode Pendekatan Individu Pendidik dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Mts Kelas 9 Al-Arafah di Jl.Klambir Lima Gg.Kapas 3 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

RENNY NURSYAFITRI (2022)

penelitian-penerapan-metode-pendekatan-individu-pendidik-dalam-mengatasi-kenakalan-peserta-didik-mts-kelas-9-alarafah-di-jlklambir-lima-ggkapas-3-kecamatan-hamparan-perak-kabupaten-deli-serdang

Penerapan Metode Pendekatan Individu Pendidik dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Mts Kelas 9 Al-Arafah di Jl.Klambir Lima Gg.Kapas 3 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Penerapan Metode Pendekatan Individu Pendidik dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Mts Kelas 9 Al-Arafah di Jl.Klambir Lima Gg.Kapas 3 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang., Pendekatan Individu dan Kenakalan...

Author: RENNY NURSYAFITRI
Date: 2022
Keywords: Pendekatan Individu dan Kenakalan
Type: Skripsi
Category: penelitian

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Individu dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Kelas IX MTs Al-Arafah Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Pembahasannya di latarbelakangi dengan kenakalan peserta didik. Seperti, kurang menghargai keberadaan guru di kelas, bolos sekolah tanpa ada keterangan sehingga tertinggal pelajaran, terlambat berangkat sekolah, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, mengambil barang yang bukan haknya, hingga bentuk kenakalan yang berupa memanggil teman dengan julukan yang buruk/mengejek maupun mengganggu, yang mengakibatkan perkelahian. Jenis penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan individu dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTs Al-Arafah. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang dihasilkan dari para pendidik dan perwakilan 5 orang siswa di kelas IX MTs Al-Arafah . Sedangkan sumber data sekunder berupa data yang berhubungan dengan penelitian baik berupa buku, jurnal dan situs-situs internet yang terkait dengan judul penelitian. Serta untuk pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, wawancara, beserta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Penerapan pendekatan individu yang digunakan dalam mengatasi kenakalan peserta didik kelas IX MTs Al-Arafah Klambir Lima adalah: memberikan keteladanan (contoh), memberikan adab pembiasaan dan latihan, memberikan nasehat,dan memberikan perhatian/pengawasan. 2) Faktor Penghambat yang dihadapi para pendidik MTs Al-Arafah Klambir Lima dimulai dari faktor internal peserta didik itu sendiri, faktor keluarga dan faktor lingkungan, dan faktor pendukungnya yaitu dengan adanya kerjasama pendidik dengan kepala sekolah MTs Al-Arafah, adanya buku catatan kasus, serta memberikan hukuman kepada peserta didik yang nakal agar memiliki akhlak yang lebih baik.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB