REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Etika Sopan Santun Siswa di Madrasah Aliyah Al-Asy'ariyah Medan Krio Sunggal

DAENG LUFTI AZIZAN (2022)

penelitian-implementasi-keteladanan-guru-dalam-pembentukan-etika-sopan-santun-siswa-di-madrasah-aliyah-alasy-39ariyah-medan-krio-sunggal

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Etika Sopan Santun Siswa di Madrasah Aliyah Al-Asy'ariyah Medan Krio Sunggal

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Etika Sopan Santun Siswa di Madrasah Aliyah Al-Asy'ariyah Medan Krio Sunggal, Keteladanan Guru, Etika Sopan Santun Siswa...

Author: DAENG LUFTI AZIZAN
Date: 2022
Keywords: Keteladanan Guru, Etika Sopan Santun Siswa
Type: Skripsi
Category: penelitian

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Implementasi keteladanan guru dalam pembentukanetika sopan santun siswa Madrasah Aliyah Al-Asy’ariah Medan Krio Sunggal, 2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan etika sopan santun siswa Madrasah Aliyah Al-Asy’ariah Medan Krio Sunggal. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penyajian datanta berupa teks yang bersifat naratif. umber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang di peroleh langsung dari kepala Madrasah, guru akidah akhlak, dan perwakilan siswa kelas XI, sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumentasi Madrasah (profil, file) dan buku yang terkait dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi keteladanan guru dalam pembentukan etika sopan santun siswa Madrasah Aliyah Al-Asy’ariah Medan Krio Sunggal telah ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari seperti mematuhi peraturan sekolah, mengajar tepat waktu, berpakaian, berbicara sopan, saling menghormati, bekerja keras, jujur, ikhlas dan selalu sabar di dalam melakukan sesuatu, Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengimplementasikan keteladanan di sekolah pada dasarnya hanya ada pada diri siswa yang masih ada terpengaruh dengan pergaulan lingkungan, sementara faktor pendukung dalam pembentukan etika sopan santun siswa Madrasah Aliyah Al-Asy’ariah Medan Krio Sunggal terciptanya kerjasama antara guru, kepala sekolah dan orangtua siswa dalam pengawasan terhadap pergaulan siswa di sekolah, dirumah dan di tengah-tengah masyarakat.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB